Jenis Musik Yang Populer Di Indonesia

Musik adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan. Dengan musik kita dapat menyampaikan intuisi perasaan dalam diri, meskipun fungsi utama adalah sebagai penghibur. Namun lepas dari itu semua, kalian harus tahu bahwa ada jenis musik yang populer di Indonesia. Apa saja? simak dibawah ini.

Berikut ini jenis musik yang populer di Indonesia

Pop

Jenis-Musik-Yang-Populer-Di-Indonesia-1

Jenis musik yang populer di tanah air adalah Pop. Jenis adalah sebuah genre musik yang ada sejak tahun 1950an. Sebagai genre musk, pop sangatlah elektif sering meminjam elemn dari gaya-gaya musik lain termasuk urban, dance, rock, latin dan country. Musik pop pada umumnya dianggap sebagao sebuah genre yang komersial sehingga memiliki penggemar yang luyaman besar.

Rock

Jenis-Musik-Yang-Populer-Di-Indonesia-4

Berikutnya jenis musik yang populer adalah rock. Rock sendiri mulai dikenal kalangan luas pada tahun 1950an. Awalnya berasal dari rhytm an blues. Musik country dari tahun 1940 dan 1950an serta berbagai dari berbagai musik lainnya, remasuk musik rakyat folk music, jazz dan musik klasik.

Jazz

Jenis-Musik-Yang-Populer-Di-Indonesia-3

Adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat dan mulai ada sejak abad ke 20. Musik Jazz awalnya berasal dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet dan saksofon. Elemen pentiing dalam jazz adalah blues ntes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi dan shuffel note.

Dangdut

Jenis-Musik-Yang-Populer-Di-Indonesia-5

Dangdut merupakan salah satu jenis musik yang terpopuler di Indonesia juga lho. Ya, genre musik ini mengandung unsur-unsuer musik Hindustan atau India Klasik, Melayu dan Arab. Bentuk musik ini berakar daro Qasidah yang terbawa oleh agama islam yang musuk Indonesia tahun 635- 1600.

Namun seiring perkembangan zaman, sejak tahun 1970an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam be tuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop. Bahkan house musik.

Reggae

Jenis-Musik-Yang-Populer-Di-Indonesia-2

Jenis musik yang populer ini aliran awalnya dikebangkan di Jamaikan pada akhir 60an. Istilag Raggae lebih mengikuti perkembangan ska dan rocksteady. Pada umumnya raggae memiliki tempo lebih amat lambat daripada ska maupun ketukan kedua dan keempat pada setiap bar, dengan gitar rhytm juga memberi penekanan pada ketukan ketiga atau menahan kord pada ketikan kedua sampau ketukan keempat.

Utamanya ketukan ketiga tersebut, selain tempo dan permainan bassnya yang kompleks yang membedakan raggae dari rocksteady, meskipun rocksteady memadukan pembaruan-pembaruan tersebut terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *